Sabtu, 06 Februari 2010

Uskup Kojuator

Uskup Kojuator

Pada hari Rabu, tanggal 28 Oktober 2009 bertepatan dengan Gereja Kudus merayakan Pesta Santo Simon dan Santo Yudas Tadeus Rasul telah diadakan Perayaan Ekaristi Penerimaan Uskup Agung Koajutor : Mgr. Ignatius Suharyo di Gereja Katedral.



Perayaan Ekaristi dihadiri oleh 23 Uskup dan Uskup Agung, antara lain dari Keuskupan Medan, Padang (Ketua KWI), Lampung, Bogor, Bandung, Purwokerto, Surabaya, Malang, Bali, Ketapang, Sangau, Sintang, Timika , Uskup Agung Jakarta Julius Kardinal Darmaatmadja, SJ, Mgr. Ignatius Suharyo, Uskup Agung Tahta Suci (Duta besar Vatikan untuk Indonesia: Mgr. Leopolito, dan lain keuskupan lagi, sejumlah besar imam, biarawan-biarawati dan umat KAJ dan KAS.



Uskup Agung: biasa juga disebut metropolit. Ia bertugas menggembalakan suatu keuskupan agung sebagai uskupnya dan mengetuai suatu provinsi gerejawi. Di Indonesia ada sepuluh keuskupan agung.



Uskup Koajutor : Uskup Bantu yang mempunyai hak menggantikan Uskup Diosesan kalau Uskup Diosesan meletakkan jabatan atas alasan yang berbeda-beda (Kitab Hukum Kanonik 403, ay 3)

Uskup Koajutor berbeda dengan Uskup Auksilier. Uskup ini juga disebut uskup bantu , yang diangkat oleh Paus atas permintaan Uskup Diosesan karena kebutuhan-kebutuhan pastoral di keuskupan tersebut. Uskup Auksilier tidak mempunyai hak mengganti.



Profil singkat Uskup Agung Koajutor:



Mgr. Ignatius Suharyo dilahirkan di Sedayu, Yogyakarta pada tgl 9 Juli 1950. Ditahbiskan menjadi imam Keuskupan Agung Semarang: 26 Januari 1976; Ditahbiskan menjadi Uskup Agung KAS: 22 Agustus 1997; Ditunjuk menjadi Uskup Militer: 2 Jan 2006 dan Uskup Agung Koajutor KAJ: 25 Juli 2009.



Motto: “Serviens Domino Cum Omni Humilitate “(Act 20:19), yaitu: “Aku melayani Tuhan dengan segala rendah hati” (Kis 20:19).



Sumber: berbagai macam sumber dan the Catholic Way

Tidak ada komentar:

Posting Komentar